Selasa, 24 September 2013

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ketika saya ditanyai oleh orang lain tentang jurusan yang saya ambil di perguruan tinggi, saya selalu menjawab dengan bangga bahwa saya adalah mahasiswi jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Tapi kemudian muncul kerutan di kening orang itu tentang jawaban saya. Mungkin dia berpikir, "Kesehatan Masyarakat? Bagaimana kerjanya? Kenapa nggak sekalian ambil kedokteran, kebidanan, atau keperawatan?"


Well, saya justru bangga dengan jurusan yang saya ambil ini. Saya akan menceritakan apa yang saya tahu tentang prodi ini. Memang bisa dikatakan bahwa Kesehatan Masyarakat merupakan 'sempalan' dari ilmu kedokteran. Namun demikian asas-asas pemikiran dan permasalahan yang dihadapi sebenarnya sama, tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena keduanya saling berhubungan.

Pasca terjadinya Perang Dunia II para ahli antropologi mulai menaruh perhatian pada bidang kesehatan, terutama pengaruh PD II terhadap kesehatan masyarakat global. Melihat masalah kesehatan sebenarnya merupakan masalah yang kompleks, yang banyak hal yang mempengaruhi derajat kesehatan itu sendiri. Oleh karena itu dibuatlah bidang ilmu "Kesehatan Masyarakat" yang lebih menekankan perhatian pada 'preventif' daripada 'kuratif' seperti pada Kedokteran.

Ilmu Kesehatan Masyarakat berfungsi membentuk ahli-ahli Kesehatan Masyarakat yang nantinya akan memecahkan permasalahan kesehatan dan membantu masyarakat mempertahankan bahkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Ilmu Kesehatan Masyarakat juga merupakan ilmu yang multi-disiplin, karena bukan hanya masalah kesehatan atau ilmu tentang penyakit yang dipelajari, tetapi juga ilmu tentang masyarakat dan bagaimana membuat kebijakan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Ada beberapa peminatan yang bisa dipilih di prodi Kesehatan Masyarakat ini, di antaranya adalah Epidemiologi, Biostatistik, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Gizi Kesehatan Masyarakat serta Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Jadi jika diberi pertanyaan mengapa saya tidak memilih bidang Kedokteran atau Keperawatan, saya pikir tidak perlu dipemasalahkan, karena semua bidang ilmu di bidang kesehatan tujuannya sama, yaitu membentuk dan mempertahankan masyarakat hidup sehat sehingga bisa meningkatkan taraf hidup yang lebih sejahtera.

Jika bicara tentang prospek pekerjaan, banyak bidang pekerjaan yang menampung lulusan Kesehatan Masyarakat (S.KM) di antaranya adalah Kepala Puskesmas, Penyuluh Kesehatan di Dinas Kesehatan atau Lembaga Kesehatan Masyarakat, Pendidik Kesehatan, Konsultan Gizi dan Nutrisi, Peneliti, Jurnalis, Administrasi Rumah Sakit, dan masih banyak lagi. Jangan berpikir pekerjaan yang menjanjikan adalah menjadi PNS, banyak perkerjaan yang lebih menantang dan menarik selain bekerja di bidang pemerintahan.

Saya mengutip sebuah kata motivasi: "Since better quality of live always becomes the need of society, Public Health's careers will always promising."

Sumber: Google

Jadi, masihkan Anda berpikir untuk meremehkan Kesehatan Masyarakat? :)

0 komentar:

Posting Komentar