Rabu, 31 Juli 2013

Cara Mudah Mempercantik Tampilan Blog Tanpa Edit HTML


Siapa sih yang pingin tampilan blognya cantik? Nah pasti pada mau kan? Aku juga dongs.

Aku tuh termasuk orang yang gampang galau, contohnya aja hari ini. Aku lagi blogwalking ke salah satu blog temen, dan aku naksir sama template blognya yang sederhana dengan background warna putih, tapi setelah dimodifikasi jadi menarik. Lalu penyakitku kambuh ....

Lu punya penyakit Ran? Apaan?

Mau tau banget atau mau tau ajah?

*disambit pembaca

Penyakitku itu suka ganti-ganti template blog. NAH!

*pembaca pingsan

Eh eh kenape pada pingsan di sini? Ayo bangun bangun, ini blog bukan kasur :p

Iya, aku tuh suka banget gonta-ganti template blog. Setiap aku buka blog, setiap itu pulalah aku ganti template blog. Ngerasa belum dapet template yang GUE BANGET jadi ya gini nih. Sialnya kalo ambil template dari btemplate, mau gak mau harus berurusan sama yang namanya EDIT HTML, karena template dari asalnya masih dasar. Dan sialnya, ada beberapa hal yang gak bisa disesuain, misalnya lebar tampilan blog. Nah looh, emang kenape Ran kalau harus edit HTML? Ya ampun broooh, ngedit HTML itu nyebelin banget tauuk. Nyebelin kalau udah copy-paste kode-kode aneh dari blog tutorial, eh setelah di-save hasilnya acakkadut kagak karuan.


Salah lu sendiri copy-paste seenaknya


Iye sih, emang salah gue. Kenapa juga gue gak nyadar kekurangan diri yang kurang teliti, mau sok sokan ngedit HTML yang kalau kurang satu tanda (misalnya "<" atau ">") atau salah naroh script aja bisa berantakan semua. Alhasil tiap kali ngeliat hasil editannya rusak parah, tindakan selanjutnya adalah kembali ke template klasik. Gak asyik banget kan? emang! -_-

Pernah juga curhat ke temen karena aku mau bikin postinganku jadi "Read More" biar tampilan blog jadi ringkas. Udah ngikutin langkah-langkah nempatin scriptnya, setelah di-save eh malah gak ada hasilnya. Seharian aku ngurusin itu, tapi hasilnya NIHIL. Eh ternyata ada cara praktis tanpa perlu edit HTML. Sekalian sharing nih ya, caranya bikin postingan di blog jadi "Read More":

1. Masuk ke Menu Pos, lalu edit salah satu postingan.

2. Letakkan pointer di bawah 1 sampai 2 paragraf pertama lalu pilih menu Insert Jump Break


3. Publikasikan

Gimana, lebih ringkas kan? Jadi tampilan blog gak terlalu panjang dan pengunjung bisa melihat beberapa postingan sekaligus.

Jadi intinya apa Ran??

Intinya, dari pada kalian pusing-pusing ngedit HTML--kalau yang jago mah gak masalah--mending pake alternatif aplikasi yang udah disediain sama Blogger deh. Kalau kalian kreatif, pasti bisa dapet hasil yang memuaskan tanpa perlu edit HTML.

Ada banyak menu untuk mengubah tampilan blog, caranya:
Masuk ke menu Tata Letak, lalu pilih Desainer Template. Lalu akan muncul tampilan seperti ini

Nah, di sini nih kreativitas kalian diuji. Puas-puasin deh nyetting semaunya sendiri. 


Kalau kalian gak mau yang polosan, alias maunya yang ada gambar latarnya, pakai ini nih. Ada banyak banget pilihan gambar background yang ciamik. Tinggal pilih Latar Belakang, terus pilih deh Gambar Latar. 


Gimana? Gampang kan? Gak perlu deh repot-repot ngedit HTML. Hanya bermodalkan kreativitas, jadilah tampilan blog yang sesuai sama keinginanmu. Selamat mencoba yaa, Good Luck! ;)

2 komentar:

  1. Hahahaha kamu lucu min. tulisan kena banget dengan kemampuan saya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, blog ini tidak dikelola oleh admin melainkan oleh penulisnya langsung. Kenalin, namaku Rani! :)

      Hapus