Jumat, 09 Oktober 2015

Membuat Penomoran Halaman 2 Versi

Hai... kali ini aku mau share tentang cara membuat penomoran halaman microsoft word dengan 2 versi. Kamu mahasiswa? Pasti tau dong tentang PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang diadakan setahun 2 kali. Nah di ketentuan proposal PKM itu mewajibkan membuat penomoran halaman 2 versi seperti ini

dokumentasi pribadi


Ini gak cuma berlaku buat PKM sih, ada beberapa karya tulis lain, misalnya skripsi yang juga menerapkan sistem penomoran halaman seperti ini. Berhubung aku orangnya pelupa dan seringkali teman-teman nanya tentang cara membuat penomoran halaman ini, mumpung aku lagi inget, jadi kutulis saja yaa...

Sebenarnya gampang bikin penomoran halaman ini. Tapi kalau kebetulan otak lagi blank, dan lama banget gak dilatih lagi, biasanya suka lupa. Jangan panik ya, keep calm and stay cool :)

Ada 8 langkah dalam membuat penomoran halaman ini. Nah, kujelasin satu persatu yaa, sambil kalian praktekin juga yaa :)

Oh ya kali aku memakai microsoft word 2010. Buat kalian yang pake microsoft word 2010 atau 2013, sama aja penempatan buttonnya. Ms word 2007 juga hampir sama lah. Tapi kalau kalian pake ms word 2003, kayaknya ada sedikit perubahan penempatan button. Tapi kayaknya setiap menu yang kupakai ini ada kok, kalian cari aja dimana penempatannya ya :)

Pertama, beri penomoran halaman seperti biasa. 

Ini kupake yang bottom of page ya, soalnya kan halaman-halaman awal proposal PKM penomoran halamannya di sudut kanan bawah.

Dokumentasi pribadi

Kedua, ubah format nomornya jadi angka romawi (i,ii,iii, dst)

Kalau punya kalian udah otomatis pake angka romawi, gak perlu diubah. Tapi biasanya default nya pake angka biasa (1,2,3,dst)

Dokumentasi pribadi

Ketiga, pisahkan dua jenis penomoran dalam satu file word

Nah ini, biar halaman sampul sampe halaman ringkasan pake romawi, dan halaman selanjutnya pake angka biasa. Kamu perlu pisahin dengan cara ini, mantranya adalah "NEXT PAGE". Jadi gak perlu deh kamu bikin halaman sampul terpisah dengan halaman isi. Oh ya, jangan lupa untuk meletakkan pointer di halaman "BAB I" ya...

Dokumentasi pribadi

Keempat, hapus nomor halaman di BAB I

Supaya penomoran halaman di BAB I berbeda dengan halaman sebelumnya. Ikuti cara ini. Link to previous berfungsi agar penomoran halaman saling berkaitan satu sama lain. Kamu kan mau menghapus penomoran halaman di BAB I dan mengubahnya menjadi penomoran di atas halaman (top of page), maka dengan menonaktifkan Link to previous, ketika kamu hapus nomor halaman di BAB I ini, nomor halaman di halaman sebelumnya tidak akan ikut terhapus. Sebaliknya, jika Link to previous ini masih aktif, maka ketika kamu hapus nomor halaman di BAB I ini, nomor halaman di halaman sebelumnya akan ikut terhapus.

Block nomor halaman, dan pencet "delete"
Udah? sekarang tinggal hapus nomor halaman di halaman "BAB I". Tenaaang, nomor halaman di halaman sebelumnya tidak akan terhapus kok.

Kelima, Buat penomoran BAB I menjadi top of page

Gimana, udah kehapus kan nomor halaman di BAB I? sekarang kamu perlu nambahin penomoran halaman di BAB I. Letakkan pointer di halaman "BAB I" kemudian ikuti cara ini.


Nah biasanya disini Link to previous masih aktif, jadi nomor halaman di "BAB I" ini masih kelanjutan dari halaman sebelumnya. Kamu harus mengubah formatnya dulu menjadi berawal dari angka 1. Jangan lupa letakkan pointermu di halaman "BAB I" ini ya

Keenam, sama dengan instruksi nomor empat, kamu harus menonaktifkan link to previous dulu 

supaya halaman sebelumnya tidak berkaitan dengan halaman "BAB I". Pasti halaman sampul sampe bab Ringkasan masih ada nomor halaman di sudut kanan atas kan? Ya jelas, kan link to previous nya masih aktif :p


Udah belum? Sekarang tinggal hapus nomor halaman di halaman sebelumnya. Nomor halaman di halaman selanjutnya tidak akan terhapus. 

Block nomor halaman, pencet "delete"
Gimana hasilnya? Berhasilkah? Kalau berhasil... selamat ya...
Kalau belum berhasil, silakan coba lagi. Hehe... coba baca lagi pelan-pelan dari atas ya ^_^


-Rani Puspita-


3 komentar: